Rabu, 04 Juni 2008

Anak Susah Minum Obat dan Susah Makan

Sebagai orang tua saya sangat beruntung karena tidak pernah punya sedikit pun masalah dengan meminumkan obat ke anak saya. Apa kunci nya? Saya sendiri tidak tau pasti, mungkin karena memang anak saya terbiasa dengan ngemut apa aja( sebagai orang tua saya akui saya memang jarang melarang dia atau mencegah dia memasukkan mainan ke mulut). Sehingga ketika kita sodorkan obat dia sih nyante aja.

Adalagi kesukaan rava (nama anak saya) yang sangat menyenangkan dan membantu sekali waktu minum obat yaitu di gemar sekali dengan minum air putih dengan gelas dan teh kotak. Lho khan masih kecil? Sedikit cerita saja kami (saya dan istri ) sudah memperkenalkan minum pake sedotan, gelas sejak di usia 6 bulan( di usia ini rava sudah ndak mau dengan susu ibunya) . Jadi pas dia kepaitan kita tinggal sodorkan aja air putih di gelas atau teh kotak, dijamin dia langsung melupakan rasa pahit obat.
Oh iya tidak lupa setiap memberikan obat harus sambil senyum. Untuk urusan makan pun rava ndak pernah rewel kunci-nya ada pada mommy-nya. Mommy pinter sekali masak jadi masakannya selalu bervariasi tidak melulu bubur instan. Bahkan sejak usia 7 bulan kami sudah meniggalkan bubur instan, meskipun rasanya beda-beda aromanya yang teralalu tajam sangat tidak di sukai rava(ingat kalo anak tidak suka jangan di paksa segera cari alternatif lain). Puji Tuhan rava sangat suka dengan masakan mommynya.
Apakah ndak pernah rewel ? Sesekali memang dia suka rewel pas makan sebabnya karena lagi asik main!! Iya dia suka main bola. Caranya sekali jangan dipaksa mommy sering memberlakukan hukum Timeout. Dengan meletakkan rava di kursi yang tinggi (rava tau kalo nekat nanti kejeduk) setelah merengek turun barulah mommy kasih pengertian bahwa ini waktu nya makan.
Intinya saya ingatkan jangan melakukan kekerasan pada anak, apapun yang terjadi. Saya bersyukur sejauh ini di usia 15 bulan sekali pun kami tidak pernah melakukan kekerasan fisik(nyubit, menimpuk, dll).

Tidak ada komentar: